Sabilul Khoirot Kirim Delegasi Ke Multaqo Ma'ahid Azhariyah Indonesia



Pada hari Jumat-Sabtu bertepatan dengan tanggal 3-4 Nopember 2017 YPI Sabilul Khoirot mengirimkan delegasinya dalam Pertemuan (Multaqo) Ma'ahid Azhariyah Indonesia di Bogor Jawa Barat. Lutfi Chakim, delegasi yang dikirim menyampaikan bahwa acara Multaqo tersebut diadakan oleh Yayasan Al-Azhari Indonesia Jakarta dengan tujuan mengenalkan metode pembelajaran ma'had Azhari Mesir yang sudah diadopsi oleh Yayasan Al-Azhari Jakarta.

Hadir sebagai Pembicara Utama dalam Multaqo tersebut adalah al-Muallim asy-syaikh Abdul Majid Romadhan, beliau merupakan Guru Delegasi Kementrian Pendidikan Mesir di Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta. Abdul Majid menyampaikan kiat-kiat sukses metode pembelajaran Al-Azhar Mesir diantaranya adalah prinsip metode lebih penting dari materi, sehingga seorang guru harus mampu menerapkan inovasi pembelajaran di kelas, disamping menyoroti masih banyaknya guru yang mengabaikan RPP dan menyia-nyiakan waktu pembelajaran. Sebagai contoh dalam mapel Tahfidz, banyak sekali pembimbing tahfidz hanya membuka halaqoh tahfidz kemudian menyuruh peserta menghapal sesuai target sementara dia disibukkan dengan HP atau malah meninggalkan halaqoh.

Dalam Multaqo Perdana ini setidaknya 21 Yayasan dan Pesantren hadir, diantaranya dari Medan, Aceh, Riau dan beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Pembina Yayasan Al-Azhari Indonesia Jakarta juga menjadi keynote speaker dalam sesi kedua dengan materi Optimalisasi Wakaf Produktif dan Wakaf Tunai Pesantren.


Untuk mempererat hubungan antar pesantren di hari kedua diadakan outbond bersama dan
sebelum penutupan, diadakan pendatanganan kerjasama dengan pesantren-pesantren peserta multaqo yang berminat menjadi mitra. *(lc)



Comments

Popular posts from this blog

BELAJAR KEARIFAN DAKWAH DARI WALISONGO (CERAMAH HALAL BIHALAL Ust. SALIM A. FILLAH)

RISALAH DZUL HIJJAH DAN IDUL ADHA 1441 H