Language Fair/Festival Bahasa MA Nurul Islam Lahirkan juara pidato bahasa dan Arabic Reading News se Jawa


Agenda tahunan Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam (Nuris) Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang berupa Language Competition (LC) digelar usai Ujian Akhir Semester (UAS) gasal di tahun 2017. Kegiatan ini berlangsung selama sepekan dengan agenda puncak berupa talkshow bersama Siti Nur Hidayah, S.ThI., MA., M.Sc, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam LC 2017 ini, digelar berbagai perlombaan antar kelas, dengan konsep dwi bahasa, Arab dan Inggris. Sebutlah lomba taqdimul qishos dan story telling. Dalam lomba ini, para santri uji kebolehan dalam bercerita dengan bahasa asing.Ada pula lomba speech dan kitobah, menguji santri dalam berpidato. Lomba syair dan phoem, dipilih panitia bagi santri yang gemar membuat puisi. Sedang lomba scrabble, menguji santri dalam hal kosa kata bahasa Inggris.Lomba lainnya seperti speeling bee, qiroatul kutub dan reading news, tarjamah dan translate, grafiti serta Lomba Cerdas Cermat (LCC) digelar untuk memeriahkan gelaran LC tahun 2017 ini. Para peserta mewakili kelasnya masing-masing untuk memperebutkan Juara Umum piala bergilir MA Nuris Tengaran.




Lomba pekan bahasa tahunan ini pada efektif dalam meningkatkan kemampuan santri dalam menguasai bahasa asing. Dari ajang inilah bakat-bakat semakin terasah. Dan dari sini pula lahir para juara kejuaraan bahasa tingkat propinsi maupun se jawa. Sebutlah diantaranya faizah muntazamah yanh menjuarai pidato bahasa arab di IAIN salatiga. Mounia khadziqoh, juara pidato bahasa inggris di IAIN salatiga. Malikah al husnayain yang menyabet gelar juara di ajang arabic reading news se jawa. Berkat prestasinya itu, ia didaulat tampil di TVRI jawa Tengah.
Dan yang terbaru, Yusuf Rahmatullah yang dua kali berturut turut menyabet gelar bergengsi juara pidato bahasa arab di UNS surakarta dan UMS Sukoharjo.



Dalam Language Competition (LC) 2017 Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam (Nuris) Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang kali ini ditutup dengan kegiatan talkshow besama Siti Nur Hidayah, S.ThI., MA., M.Sc, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kamis (14/12), peraih penghargaan Australia Awards Indonesia on Islamic Women Leadership Development Program for a short course di Universitas Deakin, Australia.Dalam materi yang dipaparkan, Siti Nur Hidayah memotivasi para siswa untuk memperkuat cita-cita mereka, memperkokoh tekad serta kesungguhan dalam upaya meraih apa yang diinginkan. Siti mendorong siswa-siswi MA Nuris untuk memiliki mindset positif terus menerus hingga menjadi karakter mereka.


Apresiasi terhadap kegiatan lomba kebahasaan ini juga datang dari pihak kementrian agama selaku tempat bernaung madrasah Aliyah Nurul Islam. Di tengah tengah acara, hadir pengawas MA Kab Semarang Bapak Drs Abd. Rochim, M.Ag. beliupun didaulat untuk memberikan sambutan dan motivasi. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini.




Comments

Popular posts from this blog

BELAJAR KEARIFAN DAKWAH DARI WALISONGO (CERAMAH HALAL BIHALAL Ust. SALIM A. FILLAH)

RISALAH DZUL HIJJAH DAN IDUL ADHA 1441 H