EDUCATION EXPO 2018 : PONPES NURUL ISLAM GELAR SEMINAR DAN TRY OUT PENDIDIKAN TIMUR TENGAH, DAN COACHING CLINIC PENDAFTARAN KULIAH KE TURKI





Ponpes Nurul Islam Tengaran menggelar Education Expo 2018 pada sabtu-ahad, 24-25 Februari 2018 di komplek Ponpes Nurul Islam Tengaran. Acara ini ditujukan khususnya untuk santri kelas 12, bertujuan untuk memberikan wawasan dan informasi perguruan tinggi baik di dalam dan diluar negeri. Mengingat padatnya informasi dan wawasan orientasi studi lanjut ini, pesantren kemudian berinisiatif membuka acara untuk publik. Dan hasilnya, tidak kurang dari 250 peserta mengikuti rangkaian acara expo sejak hari sabtu sampai hari ahad sore menjelang malam. Para peserta ini hadir dari pondok-pondok ternama seperti dari Ponpes Darussalam Gontor, STIQ Multazam Kuningan, Ponpes TBS Kudus, MAPK Surakarta dan lain-lain.



Banyaknya kampus yang turut serta dalam expo ini membuat durasi acara harus di laksanakan dalam dua hari. Hari sabtu, kampus yang melaksanakan presentasi adalah Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Darussalam Gontor, Politeknik Kesehatan Negeri Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Adapun di hari ahad, kampus yang melaksanakan prsentasi adalah IAIN Salatiga, STIKES Surya Global Yogyakarta dan Komite Pendidikan Luar Negeri (KPLN).




KPLN ini adalah lembaga yang bergerak di bidang pengiriman dan pembimbingan mahasiswa ke luar negeri, khususnya timur tengah, pakistan dan Turki. Karenanya dalam acara expo kemarin, setelah acara presentasi dan seminar pendidikan, KPLN melanjutkan agendanya dengan try out dan pembahasan soal-soal model seleksi ke universitas di lura negeri khususnya Mesir, Sudan dan Maroko, dan  coaching clinic untuk pendaftaran ke kampus-kampus ternama di Turki. Untuk Try Out dan pembahasan soal dibimbing langsung oleh Direktur KPLN, Ust Umar Solehudin, MA dan Biro KPLN Timur Tengah Ust M. Ainunnajib, MA. Sedangkan untuk coaching clinic pendaftaran ke turki langsung dibimbing oleh Ust Andri Andika, SE, kabiro KPLN Turki.




Hadir dalam acara ini kepala kantor kementrian agama wilayah Kab Semarang, Bapak Drs H. Muhdi, M. Ag. Beliau juga didaulat untuk memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan expo pendidikan yang di adakan pesantren Nurul Islam ini.


“Kita mendorong agar lembaga lembaga pendidikan islam serius dalam melahirkan out put yang berkuailitas dalam segala bidang. Karenanya, expo ini sangat penting untuk memberikan informasi seluas-luasnya tentang perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri”, kata beliau.
Di akhir acara, diadakan pertukaran cendera mata dan kenang-kenangan yang menandai kerjasama Ponpes Nurul Islam dengan semua lembaga peserta education expo. Semoga semua aktifitas ini semakin menambah keberkahan bagi Ponpes Nurul Islam dan kejayaan pendidikan islam. Amiin.

Comments

Popular posts from this blog

BELAJAR KEARIFAN DAKWAH DARI WALISONGO (CERAMAH HALAL BIHALAL Ust. SALIM A. FILLAH)

RISALAH DZUL HIJJAH DAN IDUL ADHA 1441 H