Bekerja sama dengan Komite Pendidkan Luar Negeri (KPLN), MA Nurul Islam Tengaran gelar seminar dan try out studi di Timur Tengah




Untuk ke tiga kalinya dalam tiga tahun berturut-turut, Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran menyelenggarakan acara Seminar Orientasi Studi Lanjut dan try out seleksi masuk Universitas Al azhar Kairo. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yakni pada sabtu dan ahad, 23-24 Februari 2019, bertempat di aula Masjid Arrahmah, komplek MA Nurul Islam Tengaran. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari santriwan dan santriwati kelas 12 MA Nurul Islam di tambah dengan peserta dari luar madrasah. Seperti biasa, acara ini selalu menarik minat para peserta dari pesantren lain, bahkan banyak yang datang dari luar provinsi Jateng. Total peserta mencapai ratusan orang.







Program acara ini berlangsung selama dua hari, di mulai dari hari sabtu. Pada hari sabtu, lembaga yang berkesempatan menyampaikan presentasinya adalah Sekolah Tinggi Ekonomi Citra Karya Utama Semarang,  IAIN Salatiga, mahasiswa UIN Syarif HIdayatullah Jakarta, UMS Surakarta dan LIPIA Jakarta. Pada hari sabtu itu pula Alumni MA Nurul Islam yang kuliah di luar negeri menyampaikan presentasinya dengan system  tele conference. Mereka yang sedang menjalankan studi di Sudan, Turki maupun Universitas Al Azhar mesir secara bergantian menyampaikan informasi – informasi yang berkaitan dengan perkuliahan di luar negeri.

Pada hari ahad, atau hari kedua acara, agenda dimulai dengan seminar pendidikan luar negeri yang dibuka oleh Bapak Drs. Sri Ekanta selaku perwakilan dari Kanwi Kemenag Kabupaten Semarang.  Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kepada MA Nurul Islam yang senantiasa terdepan dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiiatan yang menunjang pada peningkatan kualitas siswa dan lembaga.
“Dengan mengucapkan basmalah, acara seminar dan try out ini resmi dibuka”, kata beliau yang disambut dengan gemuruh basmalah dari seluruh peserta.

Sedangkan dari pihak pesantren, Ust M. As`ad Mahmud, Lc selaku pengasuh pesantren memberikan sambutan dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta. Beliau juga menyampaikan bahwa peminat studi di Timur Tengah semakin hari semakin meningkat pesat.
“Karena peminat studi ke Timur Tengah semakin meningkat, persaingan semakin ketat, maka siapapun yang hendak mengikuti seleksi ke sana harus menyiapkan diri sebaik mungkin”, kata beliau.
Setelah acara seremonial pembukaan, peserta diberi kesempatan untuk terlebih dahulu mengerjakan soal try out. Waktu yang diberikan berkisar kurang lebih 1,5 jam. Soal – soal yang diberikan cukup berbobot, mulai dari pemahaman dasar bahasa arab, fahmunnash, balaghah, sampai pada pengetahuan umum dan insya’. Setelahnya acara dilanjutkan dulu dengan seminar. 





Materi seminar disajikan langsung oleh Direktur Komite Pendidikan Luar Negeri (KPLN) H. Umar Salehudin, Lc, MA. Selama satu jam beliau menyampaikan informasi-informasi tentang peluang dan tantangan studi di timur tengah.
“Masyarakat kita sudah merasakan langsung dampak positif dari peran alumni Timur Tengah. Ini sekaligus menjadi momentum meningkatkan kesadaran beragama masyarakat muslim di Indonesia”, papar beliau. Para peserta sangat antusias mengikuti ceramah dan paparan beliau.
Sesi berikutnya, sesudah shalat dhuhur dan makan siang, dilanjutkan dengan pembahasan hasil try out. Sesi ini dikomandoi langsung oleh USt H. M. Ainunnajib, Lc, MA, ketua bidang studi timur tengah dari KPLN.

                                       
Acara ditutup kurang lebih jam 15.00, molor dari rencana semula, sebab antusiasnya peserta dalam mengikuti acara.
Semoga Allah berikan kemudahan untuk kita semua. amin    

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

BELAJAR KEARIFAN DAKWAH DARI WALISONGO (CERAMAH HALAL BIHALAL Ust. SALIM A. FILLAH)

RISALAH DZUL HIJJAH DAN IDUL ADHA 1441 H